1.3.a.10. Aksi Nyata - Visi Guru Penggerak

 

 Pada aksi nyata modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak. Saya mempunyai visi : Dengan Merdeka belajar, wujudkan siswa yang inovatif, kreatif dan bahagia. Dengan visi ini saya ingin mencoba untuk mewujudkan melalui tahap awal dengan mengoptimalkan murid rata- rata saya yang jumlahnya lebih banyak dan ternyata mempunyai potensi luar biasa untuk mewujudkan merdeka belajar dan mencapai siswa yang inovatif, kreatif dan bahagia.

Untuk mewujudkan Visi tersebut saya membuat rancangan mengikuti model IA (Inquiri Apresiatif) dengan metode BAGJA.

Tahap pertama, B-uat pertanyaan (Define)

Pertanyaan:
Hal baik apa yang dapat Anda temukan dari murid rata-rata ini dalam kegiatan belajar? 
Hal menarik apa yang dapat Anda pelajari dari respon, aktivitas, dan hasil belajar yang murid rata-rata ini? 

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

Hal baik dan menarik yang saya temukan pada murid rata-rata adalah

  1. Murid rata- rata mengerjakan tugas saya tepat waktu
  2. Murid-murid rata- rata membuat catatan digital menggunakan aplikasi Canva, pic-art, Instagram.
  3. Murid rata- rata sangat respon dengan cepat tugas yang saya berikan.
  4. Murid rata-rata mempelajari semua sumber belajar yang saya berikan baik langsung maupun di LMS dan mengerjakan dengan sangat baik dan tepat waktu.
  5. Mengikuti apa yang saya minta dan arahkan setiap tugas.
  6. Hasil belajar murid rata-rata selalu di atas KKM bahkan mendapatkan nilai sempurna karena mengerjakan tugas sesuai dengan rubrik yang saya berikan.

Tahap Kedua, A-mbil pelajaran (Discover)

Pertanyaan

Apa saja hal positif yang merupakan pengalaman atau pembelajaran yang diberikan oleh murid rata- rata?  

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

Pengalaman dan pembelajaran positif dari murid rata- rata adalah :

  1. Karya catatan digital yang dibuat oleh murid rata- rata dengan menggunakan aplikasi Canva membuat saya sebagai guru jadi tertantang untuk mencoba aplikasi Canva sehingga saya menjadi bertambah ilmu.
  2. Video laporan proyek yang dibuat oleh murid rata- rata membuat saya semakin tertantang untuk belajar IT dan menyadari bahwa kerja sama (team work) bagi murid SMP sangat penting dan sebagai modal dasar untuk semakin kreatif dan inovatif.

Tahap Ketiga, G-ali mimpi (Dream)

Pertanyaan

Hal ideal yang harusnya terjadi pada pembelajaran di sekolah?

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

Hal ideal yang harusnya terjadi pada pembelajaran di sekolah adalah

  1. Semua murid mengerjakan tugas saya dengan baik dan tepat waktu
  2. Semua murid antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA
  3. Semua murid dapat membuat catatan digital menggunakan aplikasi Canva, pic-art atau yang lainnya.
  4. Semua murid mulai dapat bekerja sama dalam belajar membuat video laporan proyek dengan baik dan tepat waktu.
  5. Semua murid mampu mengikuti sumber belajar yang saya berikan baik melalui LMS atau secara langsung dan semua antusias untuk mempelajari dengan baik mengikuti arahan saya sebagai Guru IPA mereka.
  6. Hasil belajar semua murid belum bagus, belum di atas KKM, semua capaian pembelajaran harus diselesaikan dengan baik.

Tahap Keempat, J-abarkan rencana (Design)

Pertanyaan 

Rencana apa yang akan dibuat untuk mewujudkan mimpi semua murid dapat antusias, respon dan mengerjakan semua tugas, arahan dari saya sebagai Guru IPA?

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

Rencana yang akan saya buat adalah

  1. Pelaksanaan program tutor sebaya sehingga murid yang rata- rata akan saya minta untuk mendampingi murid yang masih kurang dalam menyelesaikan tugas.
  2. Memberikan kepercayaan penuh terhadap murid rata-rata agar mau mengaktualisasikan dirinya menjadi murid yang penuh prestasi dan inovatif.
  3. Membuat tugas dalam kelompok (team work) karena sesuai dengan usia murid SMP yang mulai belajar untuk bekerja kelompok daripada bekerja sendiri, ini dapat dimanfaatkan untuk mengajak murid yang kurang respon menjadi respon mengerjakan semua tugas karena bersama dengan teman-temannya.
  4. Mengadakan refleksi setelah pembelajaran supaya mengerti apa yang dirasakan oleh murid-murid sehingga bisa menjadi bahan evaluasi saya membuat pembelajaran lebih baik lagi 




Tahap Kelima, A-tur eksekusi (Deliver)

Pertanyaan

Apa saja langkah yang diambil, siapa yang terlibat dan bagaimana strategi supaya visi tercapai?

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

Langkah yang saya ambil untuk mencapai visi adalah

  1. Membuat program tutor sebaya
  2. Membuat tugas berkelompok (team work)
  3. Mengadakan refleksi pembelajaran dengan murid

Yang terlibat dalam langkah perwujudan visi adalah

  1. Murid rata-rata , untuk membantu program tutor sebaya
  2. Rekan guru dalam satu sekolah terutama wali kelas dan guru BK untuk membantu bila terdapat murid yang bermasalah dalam proses pembelajaran
  3. Kepala Sekolah dan Wakasek Kurikulum, dalam mendukung program untuk perwujudan visi saya sebagai Guru Penggerak.

Strategi yang saya lakukan adalah

  1. Memberikan kepercayaan penuh terhadap murid rata- rata akan bisa mengajak murid yang lain untuk antusias dan respon terhadap pembelajaran Biologi.
  2. Memberikan reward berupa penambahan poin bagi murid rata- rata yang berhasil membimbing teman-temannya untuk antusias dan respon terhadap pembelajaran IPA.

Realisasi Aksi Nyata Visi Guru Penggerak

Setelah dilaksanakan program tutor sebaya maka terjadi perubahan yaitu 
  1. Hampir semua siswa mengumpulkan tugas IPA secara langsung
  2. Beberapa semua siswa dapat membuat catatan digital menggunakan aplikasi Canva, pic art dan yang lainnya
  3. Ada siswa yang mencoba membuat video laporan PProyek IPA 
  4. Hampir semua siswa dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan mendapatkan nilai di atas KKM, semua kompetensi dasar dapat tercapai.
  5. Bagi murid rata-rata mendapatkan reward karena telah berhasil membimbing teman- temannya untuk dapat menyelesaikan semua tugas IPA.

Demikian tadi pemaparan Aksi Nyata pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak. Mudah-mudahan dapat menginspirasi dan membuat saya selalu membuat pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak kepada murid supaya tercapai visi saya yaitu Dengan merdeka belajar, kita wujudkan siswa yang kreatif, inovatif dan bahagia. Salam Guru Penggerak.

Salam bahagia... Salam Guru Penggerak..😍😍😍

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pempek

Lubang Bekas Paku