1.2.a.10 Aksi Nyata - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang Aksi Nyata setelah saya mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Guru Penggerak. 

Yang saya pelajari pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Sebelumnya kita bahas dahulu apa saja yang termasuk Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Nilai yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak adalah 
1. Mandiri
2. Reflektif
3. Kolaboratif
4. Inovatif
5. Berpihak pada murid

Peran Guru Penggerak adalah 
1. Menjadi pemimpin pembelajaran
2. Menggerakkan komunitas praktisi
3. Menjadi coach dan mentor rekan guru lain
4. Mendorong kolaborasi antar Guru
5. Mewujudkan kepemimpinan murid

Perasaan selama melakukan aksi untuk menguatkan nilai dan peran Guru Penggerak
Perasan saya selama melakukan aksi tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak sangat antusias dan semangat serta bahagia, karena telah melakukan perubahan untuk menjadi guru Penggerak yang baik. Sebenarnya nilai dan peran Guru Penggerak sudah saya lakukan sebelum mengikuti PGP ini. Disini saya akan menyebutkan apa saja yang sudah saya lakukan yang sesuai dengan nilai dan peran Guru Penggerak. 

Ide atau Gagasan yang timbul sepanjang proses
  1. Membuat pembelajaran yang berpihak pada murid dengan membuat video pembelajaran sendiri    karena disesuaikan dengan karakteristik peserta didik saya.(mengandung nilai : mandiri, inovatif  dan berpihak pada murid)
  2. Membuat rangkuman materi pembelajaran yang saya upload di https://sofy-nita.blogspot.com yang dapat   digunakan sebagai sumber pembelajaran peserta didik.(mengandung nilai : mandiri, inovatif dan   berpihak pada murid)
  3. Membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.        (mengandung nilai : mandiri, inovatif dan berpihak pada murid)
  4. Membuat dan melaksanakan RPP pembelajaran  yang sesuai dengan    karakteristik peserta didik.(mengandung nilai : mandiri, inovatif, kolaboratif dan berpihak pada  murid)
  5. Melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan peserta didik (mengandung nilai : mandiri, inovatif ,reflektif dan berpihak pada murid)
  6. Hasil refleksi dari peserta didim dijadikan evaluasi untuk memperbaiki pembelajaran dan mencapai merdeka belajar (mengandung nilai : mandiri, inovatif, reflektif dan berpihak pada murid)
Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik

1. Belajar pembuatan video penugasan guru oenggerak sendiri. Sampai saat ini saya sudah membuat beberapa video penugasan CGP, hanya video pembelajaran masih belum saya buat, hanya proses kearah ana sedang berlangsung yaitu terus mempelajari cara pembuatan video pembelajaran 
2. Membuat beberapa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pempek

Lubang Bekas Paku