Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2.a.6

 

Pada Refleksi ini kita akan membahas tentang Peran dan Nilai Guru Penggerak. 
Nilai Guru Penggerak diantarnya Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.  

 

Sedangkan Peran Guru penggerak yaitu 
1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran 
2. Menggerakkan Komunitas Praktisi
3. Menjadi coach dan mentor bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di      sekolah
4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru 
5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid  
 

 Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Menurut saya nilai yang saya miliki adalah mandiri karena saya merasa mandiri dalam mencari ilmu dan rasa ingin tahu yang besar untuk bisa mengerti IT (ilmu teknologi) dengan mengikuti pelatihan dan belajar sendiri dari tutorial di You Tube. Saya belajar IT supaya bisa membuat soal interaktif menggunakan aplikasi Quizizz, senhingga peserta didik tidak merasa kesulitan dalam memahami materi yang ada., sehingga mempunyai sifat berpihak pada murid. saya juga dalam memberi tugas sesuai dengan kemampuan siswa, kemudian selalu memudahkan murid dalam belajar daring, kemampuan  membuat video pembelajaran saat masih kurang, tetapi saat dilakkanya zoom meeting akan  berusaha untuk merekam supaya murid yang tidak dapat mengikuti masih bisa belajar dengan rekaman zoom meeting nya yang tentunya saya upload di channel You Tube saya. Kemudian saya mencoba

   Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah saya mengetahui dan mempelajari nilai Guru penggerak, ternyata selama ini saya sudah melaksanakan sebagian besar dari nilai Guru Penggerak. Yang belum saya laksanakan adalah nilai Reflektif karena saya masih suka menunda untuk cepat-cepat mengoreksi hasil kerja murid atau LKPD, padahal dengan menilai hasil karya siswa kita bisa merefleksikan proses pembelajaran yang sudah kita lakukan, apakah sudah efektif atau belum. Saya juga belum berkolaborasi dengan guru lain, misalnya mengadakan kolaborasi dalam pemberian tugas kepada murid. Sehingga menghasilkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) kolaboratif. Ini akan lebih meringankan siswa dalam mengerjakan tugas. Sehingga saya semangat untuk bisa menerapkan semua nilai Guru penggerak agar bisa mengarahkan murid saya untuk menjadi pelajar Pancasila.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pempek

Lubang Bekas Paku