TES DIAGNOSTIK

2 minggu terakhir ini sekolah-sekolah di DKI khususnya guru- guru SMA disibukan dengan beraneka macam pekerjaan, dimulai dari persiapan dan pelaksanaan ujian sumatif yang dilanjutkan dengan memasukkan skor suamatif kedalam sistem SAS Online. Sistem ini baru berjalan 1,5 tahun terakhir.
sebenarnya sistem ini baik diantaranya membuat guru yang terlibat didalamnya mau tidak mau harus mempelajari dan menguasai TIK ( teknologi informasi dan komunikasi ) artinya harus melek komputer dan internet (memangnya selama ini guru-guru sleap-sleap chicken ya....hehehe..).

tapi..yang lebih seru lagi adalah tes diagnostik. tes diagnostik itu program kerja dari dikmenti DKI yang bertujuan untuk melihat sejauh mana penguasaan materi pada guru sebagai feetback, dan itu nantinya akan berkelanjutan mendukung program sertifikasi yang lebih awal dicanangkan oleh pemerintah. tes diagnostik ini juga nantinya juga akan diterapkan pada siswa. ya..melihat sejauh mana kemampuan penguasaan materi pelajaran.

saat dilakukan uji coba tes diagnostik di sekolahku..ada beberapa teman yang hanya iseng menjawab, dan ada yang serius. yang main-main menganggap tes ini sia-sa saja, mengolok-olok kemampuan mereka yang sudah mengajar puluhan tahun...ga tau apa saya lulusan dari....(mangnya dulu sempat ngerem bu..hehehehe).
nah yang serius tertantang untuk menjawab soal dengan baik karena langsung terpampang berapa skor yang diperolehnya.

kelemahan dari sistem ini adalah variasi soalnya belum banyak, dan ada kesan soal yang dibuat tergantung kesukaan si penulis, dan untuk mata pelajaran tertentu lebih banyak konsep yang biasanya guru sendiri sebagai pengajarpun tidak hapal, berupa isi didalam tabel yang berisi kode-kode.
tapi yang pasti semua guru dasarnya suka dengan tes diagnostik ini, karena jika guru-guru itu memamng sudah profesional yang ditandai dengan kenaikan tunjangan penghasilan (sertifikasi),tentu malu dong menerima tambahan tapi ternyata kemampuannya ga sebanding,tentu akan dipertimbangkan perpanjangan tunjangan,karena tiap tahun akan di nilai oleh asessor dari lembaga berwenang. yang pasti gue suka tes ini karena membuat gue jadi semangat tuk' belajar meskipun gue belum pns..pesiapan boo...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA PENERAPAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

suksesss